//
you're reading...
Komputer

Dual Booting: Windows Vista & Windows XP

..oO—(O) Preface

 

Pengguna Windows Vista kini semakin banyak. Tidak sedikit pula Notebook di pasaran yang langsung membundel versi terbaru OS milik om Bill Gates tersebut. Namun, bagaimana jadinya jika konsumen merasa kurang nyaman dengan Windows Vista dan ingin menginstall Windows XP?

 

Agak sedikit repot memang jika Windows Vista telah terlanjur terinstall. Tutorial kali ini akan memandu anda untuk menginstall Windows XP setelah Windows Vista agar kedua versi OS tersebut dapat berdampingan dan hidup dengan tentram 😉

 

  

…oO—(O) LANGKAH 1

 

Klik kanan pada My Computer lalu pilih Manage untuk masuk kedalam Computer Management. Expand Storage lalu pilih Disk Management.

 

 

…oO—(O) LANGKAH 2

 

Klik kanan pada hard drive anda, lalu pilih Shrink Volume.

 

Atur ruang harddisk anda untuk masing-masing OS

 

   

…oO—(O) LANGKAH 3

 

Saya asumsikan drive letter anda hanya C dan D. Drive letter C untuk hard drive dan drive D untuk CD-Rom. Nah, agar nantinya Windows XP anda tidak terinstall di drive E, maka anda perlu mengubah drive letter CD-ROM anda. Klik kanan pada CD-ROM kemudian pilih menu Change Drive Letter and Paths…

Ubahlah Drive Letter CD-ROM anda menjadi E dengan memilih Drive Letter dari drop-down menu.

Sebenarnya langkah ini bukan langkah wajib, namun hanya agar nantinya susunan Drive komputer anda menjadi lebih rapi. Tidak ada salahnya khan membiasakan diri dengan good habbit 😉

  

 

…oO—(O) LANGKAH 4

 

Kini saatnya membuat partisi bagi Windows XP anda. Klik kanan pada area Unallocated free space lalu pilih New Simple Volume…

Ikuti saja wizardnya. Pastikan anda memilih D: sebagai Drive Letternya. Setelah itu, tutup semua jendela yang terbuka lalu Restart komputer anda.  

  

  

…oO—(O) LANGKAH 5

 

Setelah komputer Restart dan kembali masuk ke lingkungan windows, bukalah Windows Explorer anda lalu ubahlah Volume Label Drive D anda sesuai dengan nama OS yang akan diinstall yaitu Windows XP. Lagi-lagi ini bukan langkah wajib, hanya agar nantinya anda tidak bingung dalam memilih partisi saat melakukan instalasi Windows XP.

  

 

…oO—(O) LANGKAH 6

 

Masukkan CD Windows XP anda lalu Reboot komputer anda. Lakukan Instalasi Windows XP seperti biasa. Patikan anda memilih D:\ (atau partisi baru yang anda buat tadi) sebagai lokasi partisi Instalasi Windows XP. Ingat, jangan sekali-kali menginstall Windows XP pada partisi yang sama dengan Windows Vista anda.

 

 

…oO—(O) LANGKAH 7

 

Setelah windows XP terinstall, anda akan langsung digiring masuk kedalam windows XP. Anda tidak dapat booting untuk masuk kedalam windows Vista anda. Agar anda dapat menikmati Windows Vista Anda, anda memerlukan sebuah tools untuk mengembalikan bootloader Vista yaitu VistaBootPro yang dapat anda download dari VistaBootPro.org

 

Setelah mendownload VistaBootPro, sebagai syarat instalasi Anda perlu menginstall .NET 2.0 framework. Setelah  VistaBootPro terinstall, jalankan aplikasi tersebut dan masuklah kedalam menu System Bootloader. Jangan lupa untuk meilih radio button “Windows Vista Bootloader” dan “All Drives”. Klik Install Bootloader sesudahnya.

 

 

…oO—(O) LANGKAH 8

 

Sampai disini anda telah berhasil mengembalikan Bootloader Vista. Namun kini anda tidak dapat booting untuk masuk ke Windows XP. Agar anda dapat mengakses keduanya (Vista dan XP), anda perlu melakukan sedikit pengaturan lagi.

 

Klik menu Diagnostics lalu pilih Run Diagnostics. Komputer anda akan dianalisa dan hasil analisanya berupa versi OS Windows XP yang ada dalam komputer anda.

Klik menu Manage OS Entries. Klik pada TextBox untuk mengubah nama OS pada menu bootloader nantinya. Beri nama sesuai dengan OS masing-masing. Klik Apply Updates sesudahnya.

 

 

…oO—(O) LANGKAH 9

 

Restart komputer anda dan anda akan mendapati menu booting dengan dua pilihan OS yanitu Vista dan Windows XP.

Cobalah anda masuk kedalam windows XP anda. Jika anda mendapati pesan ERROR “unable to find ntldr”, anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasi hal ini:

  1. Carilah file dengan nama ntldr dan ntdetect.com pada root windows Vista anda (dalam tutorial ini berada pada C:\) lalu salin ke root Windows XP anda (dalam kasus ini berada pada drive D:\)

  2. Jika anda tidak dapat menemukan kedua file tersebut, salin kedua file itu dari directory \i386\ dari dalam CD instalasi Windows XP anda.

 

    

…oO—(O) Penutup

  

Hmm… agak repot yach.. tapi jika anda mencobanya dengan sabar, anda pasti berhasil meng-akur-kan keduanya -_+

 

Well.. Bubbay zoNERS… selamat mencoba.. 😉

Iklan

Diskusi

2 thoughts on “Dual Booting: Windows Vista & Windows XP

  1. qo ta ada gmbrnya??kn lbih gmpg paham klo pke gmbr2 urutan meginstall….

    Posted by u_u | Januari 25, 2008, 8:13 am
  2. tam copy artikel u wt bljr thanx yuw

    Posted by tami | Februari 6, 2009, 3:22 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

LINK

Enter spyroZONE! - www.spyrozone.net
Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

SHOTBOX


Kategori

Live Chat

%d blogger menyukai ini: